Sunday 12 October 2014

Semua Itu Adalah Ujian, Bersyukurlah

Yosh, kali ini sedikit jauh dari Tokusatsu dan merupakan tulisan yang datang dari lubuk hati saja.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEio1lLZqwjAWdOxwdhP5BtqFigTkTmaeSgy2zzdlwYczRUNiuMg8N8qWqwSqokLVQjLUBGUgcTwrs8wt5VhyphenhyphenYAlRkrsPUJojJjpowoukFwg1JLvLt3ISK8u5NfdTQpUfsGxu7Arjwpj79g/s1600/MDQ5.png

Kita tentu tahu kalau kehidupan ini penuh dan segala bentuk yang kita hadapi adalah ujian dari kebahagiaan hingga kesedihan, dari kekayaan hingga kemiskinan, ya semua itu ialah ujian. Kadang kita berfikir usaha keras kita kenapa belum berbuah hasil, kenapa? ya kita cuma perlu introspeksi apa yang harus kita benahi dan apa yang seharusnya kita lakukan. 

Ujian itu bentuknya beragam, bukan hanya saat susah mu datang, kesenangan kita juga merupakan ujian, kita hanyalah perlu menjaga diri, ego, sikap dan sifat dari hal-hal yang dapat meruntuhkan iman, tentu saja apapun yang kita dapat dan yang belum kita dapat itu harus kita syukuri. Semisal saya belum juga mendapat tempat baru untuk bekerja di tempat yang lebih baik, bisa jadi ada satu hal yang kurang pada diri saya, enth niat saya kurang kuat atau usaha saya tidak maksimal. Namun harus disyukuri saya belum mendapat pekerjaan yang lebih baik, karena ada sesuatu yang kurang yang ada pada diri saya. Saya harus lebih rajin, lebih semangat belajar dan memantaskan diri. Insya Allah suatu saat nanti saya bisa mendapatkannya, saya akan berusaha, berdoa dan terus meningkatkan apa yang saya bisa lakukan untuk perusahaan yang saat ini saya tempati.

Kebahagiaan juga sebagai ujian yang sebenarnya lebih besar, kita diuji akan kebahagiaan yang kita dapatkan, bagaimana menyikapi sesuatu yang membuat kita bahagia?. Jawabannya tentu dengan rasa syukur, kita tidak boleh sombong dan takabur atas apa yang telah kita dapatkan, toh semua yang diberikan ini kan titipan, suatu saat dan kapan saja bisa diambil oleh Allah SWT, bagaimana kita menyikapinya saja. Kadang kita suka lupa bahwa yang kita dapatkan itu pure atas usaha dan kerja keras kita, dan lupa kepada siapa kita bersyukur atas nikmat tersebut, inilah yang bahaya. Saat kita kesulitan, kita ingat kepada siapa kita meminta dan disaat kita mendapatkan apa yang kita inginkan, kita lupa akan rasa syukur tersebut. Kita selaku manusia sebaiknya benar-benar ingat akan rasa syukur.

Intinya semua itu ujian dan rasa syukur atas segala ujian yang kita dapatkan akan mendewasakan dan membentuk pribadi kita, entah mungkin saya sering tersenyum di depan orang-orang, namun air mata saya akan pecah ketika tengah malam saya berdoa kepada Allah SWT demi kebaikan saya, keluarga, sahabat, dan semua orang. Semoga kita selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan dan selalu percaya bahwa semua yang datang dari Allah SWT akan kembali. 

No comments:

Post a Comment