Sunday 26 October 2014

Tips Bersepeda by Dimz4699


Yosh, kali ini mau kasih tips buat kalian semua yang hoby bersepeda, ini adalah suatu langkah dan kebiasaan yang gw lakuin ketika hari gowes tiba, biasanya hari sabtu & minggu pagi (namanya karyawan, liburnya cuma weekend). 

Bersepeda itu olahraga dan hoby yang membuat kita sehat, bugar dan membuat kita merasa senang. Manfaat berepeda sangatlah banyak yang paling terkenal ya mencegah rematik. Bersepeda juga membuat kita yang lagi galau, sedih, resah menjadi ceria karena sekalipun memikirkan hal-hal tersebut, semua akan sirna ketika kita menikmati indahnya lingkungan, alam dan pemandangan yang kita lewati. 

Bersepeda terasa baik dan menyenangkan jika kalian memang suka akan kegiatan yang satu ini, ada tips dari gw pribadi nih buat kalian untuk menikmati nikmatnya bersepeda, mari disimak ya gais.
  • Cek kondisi sepeda,  pastikan sepeda siap untuk dikayuh, gear lancar saat dipindahkan, angin dalam tekanan yang pas, dan bila perlu bawa tool untuk jaga-jaga, suatu saat apes kan.  
  • Gunakan Pelindung diri, yes, Safety Gear itu penting gais, ya seminimal mungkin gunakanlah sarung tangan dan helm untuk perlindungan diri dari hal yang tidak kita inginkan.
  • Pemanasan, ini penting banget gais, untuk membuat tubuh kita lentur, dan membuat aliran darah lancar. 
  • Jangan terburu-buru, untuk memulai bersepeda janganlah teralu nafsu pengen genjot dengan kecepatan tinggi, mulailah secara perlahan dengan irama yang biasa saja, kalau bisa pilihlah trek yang landai terlebih dahulu untuk membiasakan otot-otot kita dengan kayuhan pedal kita. Unuk awal jangan cari trek yang menanjak dulu seandainya tidak ada pilihlah yang minim tanjakan, baru setelah otot-otot kaki dan paha sudah terbiasa carilah tanjakan, itupun jika memang suka, kalo ga suka ya cari turunan hehe. oh ya kalo menanjak jangan dipaksakan ya gais, nanti susah sendiri ngatur nafas dan detak jantungnya.
  • Jangan lupa minum, bisa sediakan sejak awal atau jika tidak, kita bisa mampir tuh ke Alfamart dan Indomaret  sekalian istirahat untuk memberikan sedikit relaksasi pada kaki, usahakan di gerak-gerakan ya kakinya, bisa sambil jalan atau di ayun-ayunkan. Kebiasaan gw adalah tak pernah menyediakan minum, karena menyediakan air disepeda akan membuat lu reflek pengen minum, yang akan membuat kita kembung duluan, gw membiasakan minum di saat keringat sudah bercucuran dan tubuh mulai agak panas. Biasanya mampir di alfamart atau indomaret terdekat dari lokasi dimana gw mulai haus.
  •  Jangan sombong, penting gais, bersepeda itu kita menghadapi dan bertemu dengan berbagai orang, sapalah mereka untuk menjaga silaturaim, menyapa juga akan membuat kita senang kok, jadi rasa lelah yang dirasakan bisa teratasi dengan happy-nya kita.
 Demikian tadi sedikit tips bersepeda dari gw pribadi, semoga bermanfaat ya gais.

No comments:

Post a Comment