Saturday 17 September 2016

Istimewanya Yogyakarta

Yogyakarta, untuk sekian kalinya ketempat yang istimewa ini, kebudayaan tradisonal yang kental dan juga modern berpadu menjadi satu tanpa menimbulkan pergesekan, keduanya berjalan selaras dengan damai. 

Tanggal 23 sampai 30 Agustus 2016 saya habiskan waktu untuk mengunjungi Yogyakarta, dengan maksud menengok kakek-nenek, berlibur dan  menenangkan pikiran. Tidak ada kota yang seperti Yogyakarta di Indonesia, walaupun sudah berkali-kali kesana rasanya rindu ingin kembali lagi dan lagi, persis seperti lagu dari Kla Project yang berjudul Yogyakarta. 

Sesampai di Yogyakarta, tepatnya Dusun Tajem, Maguwoharjo, Sleman yang menjadi rumah orangtua dari Mamah. saya ga bisa nahan hasrat buat mandi di sungai, jadi tanpa buang waktu begitu sampai dan istirahat sejenak saya langsung nyebur ke kali, di Depok ga bisa kaya gini dan ga ada kali yang bening kaya gini sih. 

 

Setelah itu jalan-jalan ke Stadion Maguwoharjo yang menjadi markas dari PSS Sleman, sepanjang perjalanan banyak ladang padi, dan berbagai tanaman, hijau banget, jadi benar-benar sejuk dan bikin perasaan jadi nyaman.





Yogyakarta memang spesial, mulai dari kebudayaan sampai tempat wisatanya yang seperti tak ada habisnya, selalu bertambah dan bertambah. Saya memanfaatkan waktu saya untuk mengunjungi wisata yang ada di Yogyakarta, yang pertama saya kunjungi adalah Pantai Parangtritis, berlokasi di Selatan kota Yogyakarta, tepatnya di Bantul, pantai yang sangat dikenal oleh orang-orang ini masih menjadi daya tarik, bersih, adem dan menenangkan, sesekali melihat andong dan kuda yang mondar-mandir menyusuri bibir pantai, dan hembusan anginnya yang lumayan bikin gerah jadi ilang hehe. Setelah ke pantai, saya lanjut ke Hutan Pinus Mangunan yang juga berada di Bantul, Imogiri. Spot yang satu ini sedang hits bagi kalangan muda-mudi, tempatnya sejuk, nyaman dan hehe ujian nih bagi yang masih single, yess tempat ini sangat cocok buat kamu yang sudah menikah, ya disini terasa nyaman buat mengeratkan hubungan kalian, kalian bakal lupa waktu ketika ngobrol disini.


Setelah itu saya melanjutkan perjalanan ke Ngawen, Gunung Kidul, kampung halaman dan tempat dimana si Ayah dibesarkan. disini gak usah heran kalo ngeliat gunung dimana-mana, kanan gunung, kiri gunung, depan gunung, belakang gunung, namanya juga Gunung Kidul, disini sangat kuat kebudayaan dan tradisinya, masih sangat yakin terhadap tradisi yang mereka miliki dari nenek moyang mereka. oh ya sekedar informasi disini juga sangat banyak tempat Wisatanya hanya saja saya tidak mengunjungi semua, hanya main ke pantai Sepanjang dan Pantai Drini, pantainya asli Indah banget, kalo disitu matahari sangat menyengat tapi ga berasa apa-apa sama keindahannya, pasir putih serta laut yang biru benar-benar memanjakan mata.

 


Saya juga berkunjung ke Gunung Gambar, dengan ketinggian 650 meter diatas permukaan laut. cukup tinggi dan berbagai pemandangan tersaji, sayangnya saya kesini disaaat yang kurang tepat, jika pagi atau sore mungkin saya dapat melihat view dengan lebih jelas, seperti Gunung Merapi dan Merbabu serta Waduk Wonogiri.


Akhir Pekan di Yogyakarta saya habiskan di Kota Yogyakarta, saya mengunjungi berbagai tempat terkenaldisini, mulai dari Jl. Malioboro, Pasar Beringharjo, titik 0 Km Yogyakarta, Kraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta dan masih banyak lagi. 


Malam minggu di Kota Yogya sangat ramai, banyak muda-mudi, wisatawan lokal dan asing membaur di sepanjang Jalan Malioboro, karena disana banyak pagelaran seni dari yg modern sampai tradisional, saya sendiri memilih untuk menyaksikan pagelaran seni tradisional yang diselenggarakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949, ini lah yang saya suka, di Jakarta agak sulit menemukan pentas seni tradisional kaya gini. gak kerasa 5 jam saya habiskan buat nonton disana hehe.

  

Gak kerasa Sepekan di Yogyakarta berakhir, bakalan rindu banget sama Yogyakarta, hehe walaupun setahun sekali pasti kesana, see you Yogyakarta kalau ada umur pasti kembali lagi dan lagi, mungkin juga bakal menetap disana suatu saat nanti, karena saya merasa cocok disana, kalo boleh dibilang, Yogyakarta itu GUE BANGET!. terima kasih Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment