Thursday 31 October 2013

The Final Battle MotoGP 2013, Marc Marquez VS Jorge Lorenzo


 MotoGP 2013 akan memasuki seri akhir, sirkuit Ricardo Tormo, Valencia akan menjadi penentu dan saksi bisu siapa penguasa MotoGP 2013 antara juara bertahan MotoGP, Jorge Lorenzo VS rookie MotoGP yang memiliki julukan "Baby Alien", Marc Marquez. pada kali ini saya akan mencoba untuk menyajikan ulasan Final Beatle duo Spaniard ini, sebelumnya saya ini memang penggemar dari Jorge Lorenzo & Valentino Rossi namun pada ulasan kali ini tentu saya akan netral.

Jorge Lorenzo, mengawali MotoGP 2013 dengan cemerlang, begitu pula dengan Marc Marquez, kedua rider ini bahkan konsisten meraih podium di seri-seri awal MotoGP 2013, bahkan keduanya pun memanas ketika duel terjadi di GP Jerez untuk posisi ke dua, berkali-kali Marquez mencoba mengovertake Lorenzo, namun usahanya
selalu gagal dan membuatnya selalu melebar, namun pada lap terakhir Marc mampu menaklukan Jorge Lorenzo di tikungan yang baru saja diberi dengan nama "Jorge Lorenzo", meskipun aksi Marc ini sedikit agresif dengan menyenggol Lorenzo dari bagian dalam hingga Lorenzo melebar, tak membuat Marquez terkena hukuman yang artinya manuver tersebut legal, Jorge Lorenzo sempat bersitegang dengan Marquez, Por Fuera enggan menerima jabatan tangan Marquez bahkan di podium mereka berdua tak bersulang.

 

Memasuki pertengahan Marc Marquez sempat tertinggal di klasmen pembalap karena terjatuh di sirkuit Mugello, Italia sementara Lorenzo sukses memenangi GP Italia dengan sempurna, akan tetapi Jorge Lorenzo juga mulai diterpa kesialan, dia mengalami patah tulang collarbone di GP Belanda, Assen, saat menjalani Free Practice. akibatnya dia dilarikan ke Barcelona untuk menjalani operasi, sempat diperkirakan absen di Assen, ternyata Lorenzo memastikan diri mengikuti race, di sirkuit Assen ini Marc meraih posisi ke dua di belakang Valentino Rossi sementara Lorenzo finish di posisi 5, tentu saja dengan konsisi itu merupakan prestasi luar biasa. Berlajut ke GP Jerman, sirkuit Sachsenring Lorenzo kembali terjatuhdi free Practice, celakanya Lorenzo terjatuh tepat di bagian yang cedera akibat terjatuh di Assen, tidak hanya Lorenzo, Dani Pedrosa juga terjatuh disini, ini yang membuat Lorenzo dan Pedrosa tersusul di klasmen MotoGP dari Marc Marquez, karena keduanya absen di GP Jerman sementara Marc meraih posisi 1. Pada GP Laguna Seca, Lorenzo dan Perosa yang diprediksi belum maksimal ternyata benar-benar kalah saing dari Marquez, mulai lah dominasi Marquez terlihat. Marquez memimpin klasmen MotoGP untuk sementara dari Lorenzo dan Pedrosa.
http://image3.redbull.com/rbcom/010/2013-08-27/1331608607880_2/0010/1/1500/1000/2/marc-m%C3%A1rquez-jorge-lorenzo-and-dani-pedrosa.jpg

Setelah Pertengahan tahun hingga kini Marquez, Lorenzo, dan Pedrosa mendominasi dan hampir seluruh seri tak lepas dari mereka bertiga yang berdiri di podium. Marquez bahkan mempecundangi seniornya di beberapa seri, tak mau kalah Lorenzo juga menunjukkan kedigdayaannya di beberapa sirkuit, dan beberapa trek juga mampu dimenangi Dani Pedrosa. 

Memasuki 5 seri akhir beberapa drama terjadi, mulai dari GP Aragon, terjadi duel antara Pedrosa dan Marquez yang membuat Pedrosa tersingkir dari trek karena kabel control traksi rusak akibat terkena bagian tubuh dari Marc, dan GP Aragon jadi milik Marquez setelah mengalahkan Lorenzo. namun akibat dari kejadian yang dialami Pedrosa membuat Marquez dikenaka penalty 1 poin. Berlanjut ke GP Malaysia, Sepang. Sesi tanya jawab sempat panas mengenai penalty 1 poin Marquez, Lorenzo tidak sepakat dengan penalty tersebut, ia justru menyarankan, seharusnya Marc di beri tambahan 1 poin, karena membuat ajang ini seru dan memanjakan penonton tanpa memperhatikan keselamatan rider, namun Marquez menanggapi pernyataan Lorenzo sebagai lelucon. Race pun sempat panas di awal race antara Lorenzo VS Marquez berkali-kali saling overtake dan sempat terjadi senggolan Lorenzo terhadap Marquez, namun Marquez mampu mengalahkan Lorenzo yang terlihat kewalahan menghadapi Dirinya. GP Malaysia dimenangkan oleh Pedrosa, lalu Marquez di posisi dua dan Lorenzo menempati peringkat ke 3.

http://www.radiolt12.com.ar/galeria/LORENZO%20VS.%20MARQUEZ.jpg

GP Australia, Philip Island, terjadi perubahan format race disini, penyebabnya adalah ban tak mampu bertahan lama, hanya 14 lap. Pada race ini jarak diperkecil dari 27 lap menjadi 19 lap dengan peraturan 10 lap pembalap harus mengganti motor melalui paddock. Hal unik terjadi dimana Marc Marquez terkena hukuman Black Flag, penyebabnya adalah Marquez melewati lap yang diharuskan untuk mengganti motor. hal tersebut tak disia-siakan Lorenzo yang berhasil menjuarai race yang membuat jarak poin dari Marquez menjadi 18 poin. Race ini membuka kesempatan bagi Lorenzo dan Pedrosa dalam perebutan juara dunia MotoGP.

http://us.images.detik.com/content/2013/05/05/81/lorenzomarquezlazzarig.jpgGP Jepang, Motegi, race minggu lalu ini diwarnai dengan pembatalan free practice 1 dikarenakan cuaca buruk, minim setting tak membuat para rider berkecil hati, karena mereka semua mengalami hal yang sama. Race kali ini didominasi Jorge Lorenzo tanpa adanya aksi overtake dengan Marquez dan Pedrosa. pada race kali ini kesempatan Dani Perdosa untuk juara dunia berakhir dia sudah dinyatakan kalah dari poin yang diraih Marquez yang finish di posisi dua. Race kali ini membuat jarak di klasmen pembalap semakin menipis, Lorenzo mampu memperkecil ketertinggalannya dari Marquez menjadi 13 poin artinya race terakhir nanti akan menjadi penentu juara dunia MotoGP 2013.

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRCXOFnfrcx0fzLLqoz4TbphWlXdrM5iDgdxeG1ts0lZJ-z1TRCKans Marquez untuk menjadi juara dunia lebih besar dari Lorenzo dengan selisih 13 poin, finish di posisi 4 saja sudah dipastikan Marquez juaranya ditambah lagi record dari Marquez benar-benar menunjukkan tren positif, dia selalu berada di podium musim ini kecuali di Muggelo dan Philip Island. dan pada musim lalu menjadi musim yang fantastis buat Marquez, start dari belakang dan mampu finish di posisi pertama dan menjadi juara dunia Moto2, sementara Lorenzo musim lalu di Valencia membuat kesalahan sendiri, dikarenakan terlalu bernafsu untuk overlap dia malah terjatuh, namun tak mempengaruhi klasmen, Jorge lorenzo sudah menggenggam juara dunia MotoGP 2012. Berkaca dari kejadian tersebut peluang Marquez memang besar, namun apapun bisa terjadi. seperti kata  komentartor MotoGP di Trans7, Matteo Guerinoni, "cuma Marc Marquez yang dapat menggagalkan peluangnya" (namun kenyataannya timnya sendiri sedikit menghambat peluangnya menjadi juara dunia) namun di race terakhir nanti memang Marquez lah yang harus memegan peranan dan hanya dia yang akan menentukan yang terbaik buat menjadi Juara dunia terlepas dari kesalahan teknis. Jadi siapa yang akan menjadi juara dunia MotoGP 2013, Marc Marquez kah atau justru Jorge Lorenzo mampu mempertahankan titlenya. saksikan race terakhir nanti di MotoGP Valencia.

No comments:

Post a Comment