Saturday 26 October 2013

Jangan Samakan Samurai dengan Pedang/Senjata (Katana)

http://otakuhouse.com/images/2012/11/rurouni-kenshin-movie-review-otaku-house-3.jpgBanyak saya dengar orang sering salah tafsir tentang Samurai yang dikait-kaitkan dengan pedang, perlu diketahui bahwa Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata “samurai” berasal dari kata kerja “samorau” asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi “saburau” yang berarti “melayani”, dan akhirnya menjadi “samurai” yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan. Istilah yang lebih tepat adalah bushi (武士) (harafiah: “orang bersenjata”) yang digunakan semasa zaman Edo. Bagaimanapun, istilah samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, dan bukan contohnya, ashigaru atau tentara berjalan kaki. Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut ronin (harafiah: “orang ombak”). Samurai yang bertugas di wilayah han disebut hanshi.

Apakah sudah ada gambaran, jadi Samurai itu bukanlah pedang, pernah saya denger di suatu berita, yang di bacakan Newsanchor, dia bilang : “sore tadi terjadi tauran antar pelajar di daerah ……, sejumlah siswa sekolah menengah atas membawa samurai” nah saya langsung ketawa geli, hehehe masa tauran bawa Samurai, apa di gendong gitu sang Samurai-nya, atau dituntun sambil lari-lari, hehehe :D ada-ada aja, mungkin yang dimaksud sang newsanchor itu ialah Katana, atau senjata yang digunakan oleh sang Samurai yang terbuat dari baja, apa itu katana…

http://img1.wikia.nocookie.net/__cb20130316025031/turtledove/images/e/ee/Katana3.jpgKatana adalah senjata yang identik dengan keberadaan Samurai, Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang-kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam pertempuran. Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan bagian dalam kehidupan. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai massa Kamakura (1185–1333), sebelum masa itu pedang Jepang lebih dikenal sebagai tachi dan uchigatana, Dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai massa Edo.

Pengertian Katana dan Samurai saya dapat dari Wikipedia.org, yang telah saya baca dari SMA dulu, dan saya bisa membedakan antara samurai dan katana itu dari serial anime Samurai X yang tayang pada jaman saya SD di SCTV. semoga orang-orang tidak salah kaprah antara Samurai dan Katana dan tidak menyebut katana dengan samurai.

No comments:

Post a Comment