Sunday 21 December 2014

Commuter Line, Transportasi Massal JABODETABEK dengan Segala Peningkatannya

Warga JABODETABEK pasti sudah tidak asing kan dengan moda transportasi masal yang satu ini, cepat, murah, fasilitas meningkat, nyaman (saat sepi). Commuter Line bisa saya bilang moda Transportasi terbaik yang ada di Jakarta saat ini. Bus Transjakarta masih kalah jauh dibanding Commuter Line. Meskipun memang ada beberapa kekurangan, akan tetapi saat ini memang jauh lebih baik dari yang dulu.

Berdasarkan pengalaman,Commuter Line saat ini sangat nyaman, tanpa pedagang wara-wiri, tidak ada lagi yang menaik di atas gerbong, dan fasilitas di Stasiun yang lebih baik dan tidak terlihat kumuh, prestasi luar biasa untuk kereta di Indonesia. 

Pesan dan saran yang bisa saya sampaikan untuk PT. KAI Commuter JABODETABEK ialah :
  1. Waktu, perbaikilah management waktu untuk arus kereta Commuter Line, jangan sampai terlalu lama melintas, dan jika ada gangguan tolong untuk selalu di update lewat stasiun, dan yang kemarin saya alami saat menaiki Commuter Line kebetulan ada gangguan, dan hal itu sudah dilaksanakan. good.
  2. Perketat pengawasan di stasiun dan buat pusat informasi di dalam stasiun, karena masih banyak yang bertanya tentang arus dan jadwal kereta, sepertinya tidak membaca dengan baik poster yang ada di stasiun, belum lagi yang buta huruf pun ternyata masih ada, untuk itulah perlu adanya pusat informasi (kalau bisa di setiap peron minimal ada).
Pesan dan saran untuk penumpang :
  1. Lebih disarankan memiliki kartu pembayaran elektronik, seperti Flazz atau E-Money. Jika memiliki kartu tersebut kita tak perlu mengantri panjang di loket, penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu aktifasi dengan menempelkan kartu di tempat yang tersedia, dan menempelkannya pada gate, dan untuk keluar dari stasiun lakukan hal yang sama pada saat masuk, selesai. mudahkan? tanpa harus mengantri panjang pergi maupun pulang. kartu tersebut juga bisa digunakan untuk naik Bus Transjakarta, bayar Toll, belanja, dan lain-lain.
  2. Nurut sama aturan dan petugas kereta api, yah karena tak sedikit orang yang ngeyel, jadi turutilah dan patuhlah terhadap aturan dan saran dari petugas kereta.
  3. Biarkan penumpang keluar terlebih dahulu, setelah itu baru masuk kereta. 
  4. Berikan kursi pada mereka yang lebih lemah dari anda. 
  5. Jaga selalu diri anda dan barang bawaan anda, walau keamanan ditingkatkan, tak sedikit tindak kejahatan yang masih sering terjad.
Yah mungkin segitu yang bisa saya sampaikan mengenai Commuter line. Saya puas terhadap Transportasi yang satu ini, murah, nyaman (diluar padatnya penumpang), dan menyenangkan.

Bonus, peta rute Commuter Line :

Peta Rute Loopline

No comments:

Post a Comment