Thursday 3 November 2016

Arti Bendera Pada Race MotoGP

http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/01509/valentino_rossi_1509123c.jpgDalam setiap pagelaran event bergengsi yang diselenggarakan oleh Dorna Motorsport yaitu MotoGP, sering sekali kita lihat bermacam-macam bendera yang dikibarkan, bendera itu sendiri memiliki makna dan arti, seperti Chequered Flag yang identik dengan kotak-kotak berwarna hitam putih yang melambangkan usainya balapan atau suatu sesi yang digelar. Mau tau lebih banyak lagi, yuk kita simak :


Red Flag, Bendera berwarna merah yang berarti dihentikannya suatu sesi/balapan yang diakibatkan suatu insiden yang cukup berisiko tinggi jika tidak dihentikan, bendera ini juga dikibarkan sebelum pembalap memulai start.

https://motohits.files.wordpress.com/2015/09/bendera-motogp.jpg

Yellow Flag, Bendera berwarna kuning yang dikibarkan saat ada insiden atau kecelakaan di suatu titik namun masih tetap dimungkinkan balapan atau sesi masih dapat berlangsung, namun pada sektor tersebut Rider/Pembalap tidak diperbolehkan menyusul.

https://2brk.files.wordpress.com/2014/06/flag.jpg

Green Flag, Bendera berwarna hijau yang dikibarkan saat bersamaan dengan Yellow Flag, namun Green Flag dikibarkan di sektor aman, atau lewat dari zona Yellow Flag, disini Rider/Pembalap mulai boleh menyusul.

http://myroadtrip.net/wp-content/uploads/2015/07/assen-tt-motogp-marshal-video-7.png

White Flag, Bendera berwarna putih, yang dikibarkan saat hujan mulai turun dan membasahi trek, disini Rider/Pembalap diperbolehkan mengganti motor.

http://128.199.166.100/wp-content/uploads/2014/06/white-flag.jpg

Black Flag, Bendera berwarna hitam, ini berarti adalah diskualifikasi untuk Rider/Pembalap, biasanya dikibarkan beserta nomor si Rider/Pembalap tersebut.

http://media2give.com/wp-content/uploads/2016/09/marc3.jpg

Blue Flag, Bendera berwarna biru yang dikibarkan di depan pembalap yang akan di overlap atau akan tertinggal satu lap dengan rider yang ada di belakangnya, dia harus bersedia memberi jalan kepada Rider/Pembalap yang lebih cepat 1 lap darinya. 

https://ridertua.files.wordpress.com/2011/09/blue-flag.jpg

Black Flag With Orange Disk, Bendera berwarna hitam dengan lingkaran oranye yang dikibarkan kepada Rider/Pembalap yang motornya memiliki masalah yang dapat membahayakan Rider/pembalap lain.

https://pbs.twimg.com/media/CLKiF9mUAAI1Sj_.png

White Flag With Diagonal Red Cross or Yellow & Red Striped Flag, Bendera berwarna putih dengan garis silang berwarna merah dan Bendera bergaris vertikal berwarna merah dan kuning yang dikibarkan saat trek dalam kondisi basah atau trek dalam kondisi licin.

http://www.sisila.co.id/upload/media-2016-01-22-White-flag-n-red-cross.jpg 
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/originals/ed/ed/07/eded07f37c4e574b88991a8f8961bdc9.jpg
Menandakan ada hujan yang terjadi pada daerah tersebut. Jika bendera ini dikombinasi dengan bendera garis merah dan kuning, menginformasikan kalau seluruh lintasan trek sudah basah atau balapan sudah berstatus wet race. - See more at: http://www.satuempat.net/2016/08/macam-bendera-di-motogp-dan-artinya.html#sthash.r6ouB2Pi.dpuf
Menandakan ada hujan yang terjadi pada daerah tersebut. Jika bendera ini dikombinasi dengan bendera garis merah dan kuning, menginformasikan kalau seluruh lintasan trek sudah basah atau balapan sudah berstatus wet race. - See more at: http://www.satuempat.net/2016/08/macam-bendera-di-motogp-dan-artinya.html#sthash.r6ouB2Pi.dpuf

Chequered Flag, Bendera bermotif kotak-kotak berawarna Hitam-Putih seperti papan catur, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bendera ini memiliki arti bahwa balapan atau suatu sesi telah selesai atau Finish.

http://thebikestig.com/wp-content/uploads/2016-argentina-motogp-dovizioso-2.jpg 

No comments:

Post a Comment