Tuesday 17 December 2013

Teknologi Asimo Pada MotoGP Honda RC213V


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/39/ASIMO_4.28.11.jpg
Nah saat  ini Tim Honda MotoGP adalah pemilik Motor terbaik di ajang MotoGP, juara dunia termuda lahir berkat motor mereka. 

Tak diragukan lagi kekuatan RC213V didukung oleh teknologi terbaik Honda, perangkat elektronik salah satunya. Honda RC213V merupakan motor tercanggih yang pernah dimiliki tim Honda bagaimana tidak, teknologi yang ada pada Robot ciptaan mereka Asimo, diterapkan pada motor yang membawa Marc Marquez menjadi juara dunia, sebenarnya teknologi ini sudah lama ada dan digunakan semenjak 2011, apa sih yang digunakan pada Honda RC213V ?. 

Ok, Teknologi pada Asimo yang digunakan di Honda RC213V akan dibahas pada sub judul berikut ini :
  1. 44 Derajat gerak bebas Asimo
Asimo merupakan robot yang dikembangkan Honda sejak 1986, robot ini memiliki kemampuan mengimitasi gerak tubuh manusia, ia mampu bergerak layaknya manusia, dapat berjalan bahkan berlari. Tubuh Asimo juga mampu melakukan 44 derajat gerak bebas, yang artinya dalam satu DOF (degrees of freedom) gerkan ke kiri-kanan, atas-bawah, maju-mundur bahkan putaran.

  1. Koordinasi Sensor
Hubungan RC213V dengan teknologi Asimo sama-sama memiliki sedemikian banyak koordinasi Sensor seperti Inclinometer (kemiringan turunan/tanjakan), gyroscope dan accelerometer.  Begitulah bagaimana Asimo dapat melakukan gerakan-gerakan yang sulit diterima akal sehat namun robot ini jelas mampu melakukan gerakan berlari sambil menggerakan bagian tubuh lainnya, bahkan menaiki atau turun tangga sekalipun.
Pada RC213V lean angle, Inclinometer, gyroscope dan accelerometer digunakan untuk mengetahui tingkah dari si motor. Dengan begitu unit control bisa mendeteksi apakah motor sedang miring di tikungan, bahkan whilie ketika digas. Dan berbagai tingkah si motor dapat diketahui.

  1. Kontrol Tenaga
Dari Informasi yang dikumpulkan tadi paket elektronik RC213V dapat merubah karakter power mesin agar Rider dapat mengendalikan /mengontrol lebih baik. Elektronik Kontrol Unit ini lah yang membantu pembalap menjinakan si motor bahkan memaksimalkannya dengan sempurna saat pengereman atau ketika berakselerasi.

  1. Kecepatan ASIMO VS RC213V
Kecepatan, sudah jelas logika kita pasti menjawab RC213V lebih cepat dari ASIMO, tepat sekali jika menjawab seperti itu, namun Asimo lebih baik dalam proses kecepatan data. Bayangkan berbagai sistem yang ada di Asimo mampu menggerakan bagian tubuh, bahkan secara bersamaan dapat dilakukannya, ini jelas lebih cepat disbanding apa yang di data oleh RC213V yang jauh lebih kaku dibanding fleksibilitas yang dimiliki Asimo.

Yap kira-kira seperti itulah teknologi yang diterapkan RC213V, berkat perkembangan pesat dan teknologi yang ada pada ASIMO, RC213V menjadi motor tercanggih yang ada saat ini.
Sumber : Panduan MotoGP 2012 (Otomotif Grup).

No comments:

Post a Comment